Laskar Informasi

Pencarian Daftar Isi

SSV AL Filipina Buatan Indonesia Mulai Sea Trial

06 May 2016

TSM - Strategic Sealift Vessel (SSV) pertama Angkatan Laut Filipina, BRP Tarlac (LD-601) yang dibangun oleh PT PAL Indonesia, akan menjalani sea trial pada pekan ini.

Juru bicara Angkatan Laut Filipina Captain Lued Lincuna sebagaimana dikutip oleh The Philippine Star pada hari Kamis (05/05) mengatakan bahwa SSV akan dijadwalkan untuk melakukan endurance run setelah kapal tersebut menyelesaikan sea trial. Kapal tersebut diharapkan tiba di Filipina pada minggu ketiga bulan Mei.

Tahap trial dilakukan untuk memeriksa kinerja mesin dan peralatan kapal, kata Lincuna.

Filipina memesan dua SSV dari PT PAL senilai P3.87 miliar yang bersumber dari dana modernisasi Angkatan Bersenjata Filipina.

Angkatan Laut FIlipina memulai proyek akuisisi SSV dengan persetujuan Menteri Pertahanan Voltaire Gazmin pada Oktober 2013.

SSV akan menjadi pusat komando Angkatan Laut terapung yang akan melaksanakan tujuan utama mereka sebagai kapal angkut dan transportasi laut militer. Kapal ini juga akan digunakan untuk mengangkut bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana.

Setiap kapal diperkirakan berbobot sekitar 7.300 gross ton. Kapal tersebut memiliki kemampuan untuk mengangkut sejumlah besar pasukan, logistik dan persediaan.

Kapal itu juga memiliki kapasitas untuk membawa tiga helikopter. Helikopter Augusta Westland-109 akan dipangkalkan pada kapal tersebut.

Kapal itu akan meningkatkan kemampuan angkut Angkatan Laut Filipina dan memperkuat kemampuan pertahanan negara Filipina.