Laskar Informasi

Pencarian Daftar Isi

Lomba Futsal Pemuda Jayapura

30 Apr 2016

Menanggapi munculnya seruan dari kelompok separatis Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang meminta para warga Papua melakukan aksi menuntut kemerdekaan, maka di Papua keadaan berbanding terbalik. Gemapi atau Gerakan Mahasiswa Papua Indonesia justru mengadakan kegiatan bagi para pemuda Jayapura, yaitu lomba futsal dan dance dengan mengusung tema

Menumbuhkan Semangat Kebangsaan, Patriotisme, dan Cinta Tanah Air Indonesia.

Kegiatan positif ini disambut dengan penuh antusiasme oleh para pemuda Jayapura, dimana hal ini dibuktikan dengan membludaknya tim Futsal yang mendaftarkan diri untuk ikut serta hingga mencapai 80 tim, sedangkan Tim Dance yang mencapai 15 tim, ini menunjukkan semangat pemuda Papua berpartisipasi dalam kegiatan positif tersebut.

Adapun kegiatan kepemudaan tesebut telah dimulai sejak 25 April 2016. Penyisihan futsal resmi dibuka pada tanggal 29 April 2016 di GOR Waringin dan dibuka langsung oleh Asisten 1 Walikota Kota Jayapura.

Kegiatan ini sangat didukung oleh Walikota Jayapura, karena dengan adanya kegitan ini akan menyadarkan serta menumbuhkan kepada para pemuda Papua akan pentingnya jiwa patriotisme dan cinta tanah Air terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Acara puncak akan diadakan pada tanggal 1 Mei 2016. Di mana seluruh kegiatan, yaitu final futsal dan dance akan dilaksanakan pada tanggal tersebut. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini akan mengarahkan pemuda Jayapura pada hal yang positif dan meninggalkan hal-hal yang bersifat negatif.

Kegiatan ini sekaligus merupakan jawaban warga dan Pemuda Papua untuk menolak ajakan OPM mengadakan aksi separatisme, dan ini semakin menunjukkan bahwa warga dan pemuda Papua tidaklah selalu identik dengan pendukung OPM.

Selamat bertanding dengan penuh sportivitas dan tunjukkan bahwa masyarakat Papua tetap mencintai Indonesia dan Papua tetap merupakan bagian integral dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sumber : Ivan