Laskar Informasi

Pencarian Daftar Isi

Puasa Syawal Sesuai Sunnah

26 Jul 2015

Dalam kitab Fathul Qarib, kitab fiqh ringkas madzhab Syafi'iyah disebutkan, salah satu puasa sunnah adalah puasa 6 hari di bulan Syawal. Namun, tidak dijelaskan lebih lanjut.
Kapan kita bisa memulai puasa Syawal? Mulai tanggal 2 Syawal, karena tanggal 1 Syawal adalah Hari Raya Idul Fitri, hari yang terlarang untuk berpuasa. 

Apakah harus dikerjakan 6 hari berturut-turut? Tidak harus. Boleh dikerjakan secara berurutan, tapi boleh juga selang-seling tidak berturut-turut.
Pada waktu Ramadhan yang baru saja berlalu, karena suatu hal berbuka (tidak puasa), sehingga diharuskan meng-qadha puasa Ramadhan. Mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu, puasa qadha (mengganti puasa Ramadhan, melunasi utang puasa Ramadhan) atau puasa Syawal? Benarkah mendahulukan puasa Syawal hukumnya haram? Jumhur ulama membolehkan mengerjakan puasa Syawal terlebih dahulu. Alasannya, kesempatan waktu untuk qadha puasa Ramadhan lebih lama, yakni 11 bulan, sedangkan kesempatan untuk puasa Syawal hanya 1 bulan. Madzhab Syafi'iyah, madzhab yang paling banyak diikuti muslimin Indonesia, berpendapat sebaiknya qadha dulu, tetapi kalau mau mengerjakan puasa Syawal dulu boleh, tidak apa-apa karena makruh hukumnya mendahulukan puasa sunnah daripada wajib. Namun, Hanabilah berpendapat haram mengerjakan puasa Syawal dulu, harus melunasi qadha baru boleh puasa Syawal.
Jadi mana yang lebih dulu? Puasa Syawal atau qadha? Para ulama sejak dulu sudah berbeda pendapat tentang ini. Namun, pendapat yang lebih kuat adalah boleh mengerjakan puasa Syawal terlebih dahulu, sebagaimana pendapat jumhur ulama.