Laskar Informasi

Pencarian Daftar Isi

Hukum Membangun Masjid Berdekatan

17 Jul 2015

Pada tanggal 29-22 Sya'ban 1436 Hijriyah atau bertepatan dengan tanggal 7 - 10 Juni 2015, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengadakan Ijtima Ulama Komis Fatwa se-Indonesia di Pondok Pesantren At Tauhidiyah, Cikura, Tegal, Jawa Tengah.
Ijtima Ulama tersebut menghasilkan banyak keputusan penting, salah satunya adalah tentang Hukum Membangun Masjid Berdekatan, sebagaimana tersebut di bawah ini:

Deskripsi Masalah

  1. Indonesia merupakan salah satu negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Dengan semakin meningkatnya kesejahteraan umat Islam, semakin banyak umat Islam menyisihkan sebagian hartanya untuk membangun masjid, sehingga jumlah masjid di Indonesia semakin banyak. Permasalahannya adalah, bahwa dalam membangun masjid masyarakat kurang mempertimbangkan jumlah masjid yang ada di lingkungannya, bahkan tidak jarang terdapat masjid yang sangat berdekatan lokasinya.
  2. Kondisi masjid yang saling berdekatan tersebut menyebabkan beberapa masjid yang kurang semarak ('imaratul masajid). Bahkan terdapat sejumlah masjid yang jama'ahnya tidak sesuai dengan besarnya bangunan masjid, jumlah jama'ahnya sangat sedikit, dan kurang kegiatan.
  3. Demikian pula bangunan masjid yang saling berdekatan, dapat berkaitan dengan perselisihan pendapat yang mengarah kepada perpecahan umat Islam.

Rumusan Masalah

  1. Bagaimana hukumnya beberapa masjid di satu kawasan yang berdekatan?
  2. Bagaimana hukum tidak memakmurkan masjid?

Ketentuan Hukum

  1. Keberadaan beberapa masjid di satu kawasan hukumnya boleh, apabila memang dibutuhkan (lil hajah) dan mempertimbangkan kemaslahatan serta berfungsi sebagaimana mestinya.
  2. Memakmurkan masjid adalah kewajiban setiap muslim, dengan menjadikan masjid sebagai salah satu pusat kegiatan umat Islam. Untuk kepentingan kemakmuran masjid, dapat dibangun pula area untuk kemaslahatan umat, seperti aula pertemuan, pusat usaha dan sejenisnya dengan mengindahkan kaidah-kaidah syariah tentang masjid dan muamalah.
Adapun dalil dan keputusan lengkap silahkan klik di sini.