Laskar Informasi

Pencarian Daftar Isi

Tempat Air yang Haram dan Tidak Haram

05 Apr 2015

Pasal : Menerangkan tentang tempat air khususnya tempat air yang haram dipakai dan yang tidak haram

Memakai tempat yang terbuat dari emas atau perak, tidak karena terpaksa, baik laki-laki atau perempuan maka hukumnya haram kecuali untuk makan dan minum dan yang lain dari keduanya.
Dan seperti halnya haram memakai tempat dari emas dan perak maka haram pula membuatnya meskipun tidak untuk dipakai. Demikian menurut pendapat yang shahih. Juga haram memakai tempat yang disepuh dengan emas atau perak, jika proses penyepuhannya dilakukan dengan dibakar api.

Adapun tempat yang terbuat dari selain emas atau perak, tempat tersebut sangat indah, seperti tempat yang terbuat dari yakut, maka hukumnya boleh memakainya. Dan haram memakai tempat yang ditambal dengan perak yang besar, dan yang menurut pengertian orang banyak sekedar untuk perhiasan.

Jika tambalan tersebut bertujuan untuk kepentingan tertentu, maka hukumnya boleh memakaiya tetapi makruh. Sama halnya bila tambalan itu kecil dan hanya untuk perhiasan saja. Meskipun tambalannya itu kecil akan tetapi ada tujuan untuk kepentingan tertentu, maka hukumnya tidak makruh memakainya. Sedangkan bila tambalannya mutlak berupa emas maka haram memakainya. Demikian menurut pendapat yang dinilai shahih oleh Imam Nawawi.

Disalin dari Terjemah Fathul Qorib, Jilid 1, Cetakan 1, Penerbit Menara Kudus.