Laskar Informasi

Pencarian Daftar Isi

Lebih Dari 400 Drone Amerika Serikat Hilang

12 Oct 2014

Al Jazeera melaporkan dari AFP bahwa Amerika Serikat telah kehilangan lebih dari 400 drone militer yang sebagian besar disebabkan karena kecelakaan, sejak tahun 2001 di seluruh belahan dunia. Hal itu terungkap dalam sebuah laporan yang dibuat The Washington Post yang mempertanyakan keamanan dan keandalan pesawat tak berawak itu.
Mengutip laporan investigasi kecelakaan yang terdiri atas 50.000 halaman itu, The Washington Post mengatakan bahwa sejak serangan 9/11 drone militer telah mengalami ‘malfungsi’ dengan berbagai sebab, seperti kerusakan mesin, human error dan cuaca buruk.

Drone militer telah menabrak rumah, peternakan, landasan pacu, jalan raya, saluran air dan dalam satu kasus menabrak pesawat angkut Angkatan Udara C-130 Hercules di udara,” laporan tersebut mengatakan.
Dari 418 kecelakaan yang diketahui antara 11 September 2001 sampai akhir tahun 2013, Washington Post mengatakan telah mengidentifikasi dan sebanyak 194 disebut sebagai kecelakaan kelas A. Total kerugian yang yang diakibatkan oleh kecelakaan atau kerusakan sebuah pesawat drone lebih dari 2 juta dolar.
Total angka kerugian yang ditimbulkan, hampir sama dengan jumlah kecelakaan besar yang melibatkan jet tempur Angkatan Udara Amerika Serikat dan pesawat serang selama periode yang sama. Meskipun misi penerbangan drone jauh lebih sedikit dan lebih singkat.
Sebanyak 67 kecelakaan drone terjadi di Afghanistan dan 41 kali di Irak. Tetapi 47 kecelakaan terjadi di Amerika Serikat selama uji penerbangan dan pelatihan, kata Washington Post di situsnya.
Penyelidikan dilakukan ketika Administrasi Penerbangan Federal membuat rancangan seperangkat peraturan, untuk mengatur perkiraan terjadinya lonjakan dalam penggunaan pesawat tak berawak komersial di tahun-tahun mendatang.

Amerika Serikat yang teknologinya terkenal canggih saja bisa kehilangan 400 dronenya, bagaimanakah dengan Indonesia kelak di bawah pimpinan Jokowi yang katanya cukup 3 drone saja untuk mengawal kedaulatan NKRI?