Laskar Informasi

Pencarian Daftar Isi

Cerdas Mengelola Lingkungan

07 Oct 2014

Lingkungan hidup yang baik dan sehat merupakan hak asasi setiap warga negara Indonesia sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 28H Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Pembangunan ekonomi nasional sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 diselenggarakan berdasarkan prinsip pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Semangat otonomi daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia telah membawa perubahan hubungan dan kewenangan antara Pemerintah dan pemerintah daerah, termasuk di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Kualitas lingkungan hidup yang semakin menurun telah mengancam kelangsungan perikehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya sehingga perlu dilakukan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang sungguh-sungguh dan konsisten oleh semua pemangku kepentingan.

Konsideran Undang – Undang RI Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup ini telah memberikan rambu – rambu tentang bagaimana melakukan pengelolaan terhadap lingkunga. Namun pengelolaan lingkungan yang hanya berorientasi pada keuntungan dan hasil, bukan pada perlindungan terhadap lingkungan tersebut, telah berakibat pada kerusakan dan dampak negatif bagi kehidupan.
Kabut asap yang melanda Pulau Sumatera dan Kalimantan sampai saat ini masih menjadi permasalahan, baik terhadap kesehatan warga setempat maupun terhadap aktivitas masyarakatnya. Mobilitas warga melalui darat, laut dan udara menjadi terganggu sehingga berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi masyarakat. Kita semua tentu merasa prihatin dengan kabut asap yang belum dapat teratasi dengan baik dibeberapa tempat di Indonesia. Merupakan sebuah fenomena dan fakta bahwa pengelolaan lingkungan yang tidak terencana dan terkendali dengan baik akan memberikan permasalahan bagi manusia. Upaya pencegahan harus diberikan prioritas dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan, karena penegakan hukum bukan satu – satunya cara yang harus ditempuh.
Sumber daya alam yang melimpah merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa bagi bangsa Indonesia, namun diperlukan kecerdasan dalam mengelolanya, sehingga benar – benar daapt memberikan manfaat yang besar dari pada permasalahan yang ditimbulkannya. Semoga pemerintah dengan kabinet barunya nanti segera membuat kebijakan yang realistis untuk mencegah terjadinya pengelolaan lingkungan yang menimbulkan dampak negatif bagi manusia.


Sumber : Divhumas Mabes Polri