Laskar Informasi

Pencarian Daftar Isi

Israel Sadap Menlu AS

20 Aug 2014

Media Jerman, Der Spiegel, mengungkap sebuah operasi spionase yang dilakukan oleh intelijen Israel (Mossad) terhadap Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry. Melalui pemberitaan yang dilansir Der Spiegel pada Minggu 3 Agustus 2014, menunjukan bahwa intelijen Israel menguping pembicaraan telepon John Kerry saat melakukan lawatan ke Timur Tengah tahun lalu. Der Spiegel mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan informasi ini dari sumber intelijen yang terpercaya.
Der Spiegel mengungkapkan bahwa selain Israel, setidaknya satu lembaga intelijen lain juga turut mendengarkan pembicaraan telepon John Kerry. Penyadapan ini dilakukan saat John Kerry melakukan tugas mediasi antara Palestina, Israel dan negara-negara Arab lainnya. Penyadapan yang dilakukan oleh Israel ini dapat merusak hubungan diplomatis antara Israel dan Amerika Serikat.

Selama tahap puncak pembicaraan damai tahun lalu, Kerry berbicara dengan mitra negosiasi di Timur Tengah. Pada saat itu, beberapa panggilan telepon Kerry tidak dilengkapi dengan sistem enkripsi, melainkan pada telepon normal, dengan percakapan yang dikirimkan oleh satelit. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh intelijen untuk menyadap beberapa panggilan telepon Kerry. Informasi yang didapatkan dari penyadapan ini dimanfaatkan oleh pihak Israel untuk melancarkan kepentingannya pada negosiasi damai tersebut.
Dalam konflik Gaza yang berlangsung saat ini, Israel mengkritik Kerry, dan memintanya untuk mundur dari pembicaraan damai antara Israel dan Palestina. Israel menolak draf pengajuan gencatan senjata yang diajukan oleh Amerika Serikat melalui John Kerry. Menanggapi penyadapan ini, kedua pihak Israel dan Amerika Serikat menolak untuk berkomentar. Sepertinya hubungan kedua negara tidak berpengaruh terhadap pemberitaan ini terbukti dengan dukungan dana Amerika Serikat kepada Israel sebesar 225 juta dolar AS yang digunakan untuk mengembangkan sistem pertahanan rudal Iron Dome.

Sumber : CISO