Laskar Informasi

Pencarian Daftar Isi

Broadcast Penghitungan Suara oleh Polri

11 Jul 2014

Beberapa jam setelah selesainya waktu pemungutan suara, dibeberapa stasiun televisi telah menayangkan hasil penghitungan cepat (quick count) perolehan suara dari masing–masing pasangan Capres. Munculnya metode penghitungan cepat ini menjadi salah satu topik yang hangat dibicarakan diberbagai media, baik cetak maupun elektronik.

Satu hal yang penting untuk disampaikan kepada masyarakat adalah adanya
broadcast message(pesan) dibeberapa media sosial (facebook, twitter, Blackberry messenger, dan sebagainya) tentang hasil penghitungan suara yang dilakukan oleh Polri. Hal ini tentu tidak benar, karena hasil penghitungan yang dilakukan oleh Polri bukan untuk kepentingan penghitungan cepat, tetapi untuk kepentingan PEMBUKTIAN. Ketika ada sengketa hasil penghitungan suara di TPS, maka anggota Polri yang mengamankan TPS dengan hasil penghitungannya akan digunakan sebagai saksi. Oleh karena itu, hasil penghitungan tersebut hanya dipegang oleh anggota Polri, tidak untuk disebarluaskan ke publik. Apabila ada anggota Polri yang dengan sengaja menyampaikan hasil penghitungan suara di TPS kepada Publik sebelum adanya rekapitulasi suara secara sah oleh KPU, maka yang bersangkutan akan diberikan hukuman sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


Dengan demikian, melalui media ini, Humas Polri ingin menyampaikan kepada masyarakat agar tidak mempercayai isi pesan yang berisi tentang hasil rekapitulasi suara yang dilakukan oleh Polri. Kita ketahui bahwa berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU, tanggal 10-12 Juli 2014 rekapitulasi di PPS, 13-15 Juli 2014 rekapitulasi di PPK, 16-17 Juli 2014 rekapitulasi di KPU Kabupaten/Kota, 18-19 Juli 2014 rekapitulasi di KPU Provinsi dan 20-22 Juli 2014 rekapitulasi di KPU pusat.

Alangkah lebih bijak apabila kita bersama – sama mengikuti peroses penghitungan suara tersebut sampai dengan rekapitulasi suara yang dilakukan oleh KPU pusat dan saling menahan diri untuk tidak berpolemik terhadap broadcast messege atau perhitungan cepat yang ada di media. 

Sumber : Divisi Humas Mabes Polri

Fakta, kita hidup di negara rawan bencana. Dan hari ini kita saksikan berbagai bencana telah melanda. Hanya ada dua pilihan: menyerah pada kenyataan atau maju mengambil peran dalam kesiagaan. Dukung dan bergabung bersama kami dalam gerakan ‪‎INDONESIA SIAGA‬ ! Salurkan Donasi Kemanusiaan Anda melalui Lazis Muhammadiyah BCA No. 8780 171 171 MANDIRI No. 123 00 99 00 8999 BNI SYARIAH No. 00 915 39 444 BRI SYARIAH No. 2020 191 222

Like Facebook Laskar Informasi | Follow Twitter Laskar Informasi