Laskar Informasi

Pencarian Daftar Isi

Musang Berbulu Domba

27 Jun 2014

Sobat! Pepatah di atas adalah petuah bijak yang diwariskan oleh nenek moyang kepada kita. Harapannya, kita menjadi generasi penerus yang waspada dan bijak, sehingga cerdik dalam menghadapi segala kondisi. 

Betapa sering, maling berteriak maling, penjahat menangis sendu meminta iba. Bahkan dalam banyak kesempatan penjahat melalui tetesan air mata buayanya, terus melancarkan kejahatannya dan memangsa korbannya yang lugu. Benar benar bak buaya sang pembunuh kejam berdarah dingin.

Tidakkah Anda ingat bagaimana dahulu iblis atau setan mengesankan dirinya sebagai pemberi nasehat yang patut dipercaya, sehingga Nabi Adam Alaihissalam bersama istri ya terperdaya dan terperangkap dalam makarnya. Allah Taala berfirman:


فَوَسْوَسَ إِلَيْهِ الشَّيْطَانُ قَالَ يَا آدَمُ هَلْ أَدُلُّكَ عَلَىٰ شَجَرَةِ الْخُلْدِ وَمُلْكٍ لَّا يَبْلَىٰ

Lalu setan membisikkan kepadanya (Adam) dan berkata: sudikah engkau aku tunjukkan kepada satu pohon abadi dan kerajaan yang tiada pernah sirna? (Al Qur'an surah Thaha : 120)

Pada ayat lain, Allah berfirman:

وَقَاسَمَهُمَا إِنِّي لَكُمَا لَمِنَ النَّاصِحِينَ

Setan bersumpah kepada keduanya: sungguhlah aku adalah pemberi nasehat untuk kalian berdua . (Al Qur'an surah Al A'raf : 21)

Di sisi lain, betapa banyak korban kejahatan dengan tegar dan tabah menerima kenyataan. Walau terjatuh, mereka segera bangkit dan kembali mengobarkan semangat juangnya. Berbekalkan jiwa besarnya, mereka memetik pelajaran dari segala yang menimpanya, menyesali, bertaubat dan tidak hanyut dalam budaya mengkambing hitamkan musuh. Demikianlah teladan yang dicontohkan oleh Nabi Adam alaihissalam, sebagaimana dikisahkan pada ayat berikut:

قَالَا رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Adam dan istrinya berdoa: wahai Tuhan kami, kami telah menzhalimi diri kami sendiri, dan jikalau Engkau tidak mengampuni kami dan menyayangi kami, pastilah kami menjadi orang orang yang merugi. (Al Qur'an surah Al A'raf : 23)

Sobat! Ketahuilah bahwa seburuk apapun musuh Anda, bila Anda selalu waspada, cerdikdan kuat niscaya musuh dapat dikalahkan, telebih bila Anda senantiasa memohon pertolongan kepada Allah Azza wa Jalla. Namun sebaliknya selemah apapun musuh Anda, bila Anda memang lemah, lengah dan ceroboh niscaya Anda kalah.

Sumber : Ustadz Muhammad Arifin Badri

Fakta, kita hidup di negara rawan bencana. Dan hari ini kita saksikan berbagai bencana telah melanda. Hanya ada dua pilihan: menyerah pada kenyataan atau maju mengambil peran dalam kesiagaan. Dukung dan bergabung bersama kami dalam gerakan ‪‎INDONESIA SIAGA‬ ! Salurkan Donasi Kemanusiaan Anda melalui Lazis Muhammadiyah BCA No. 8780 171 171 MANDIRI No. 123 00 99 00 8999 BNI SYARIAH No. 00 915 39 444 BRI SYARIAH No. 2020 191 222

Like Facebook Laskar Informasi | Follow Twitter Laskar Informasi