Laskar Informasi

Pencarian Daftar Isi

Hal yang Harus Dijauhi Selama Berpuasa

20 Jun 2014

1. Berkata atau melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan ajaran Islam, seperti: berbohong, memfitnah, menipu, berkata kotor, mencaci maki, membuat gaduh, mengganggu orang lain, berkelahi, dan segala perbuatan yang tercela menurut ajaran Islam.
Dasarnya adalah:
a. Hadits Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam
Artinya: “Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu (diriwayatkan bahwa ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam telah bersabda: Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan bohong dan suka mengerjakannya, maka Allah tidak memandang perlu orang itu meninggalkan makan dan minumnya.” [Hadits riwayat Al Khamsah].

b. Hadits Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam
Artinya: “Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu (diriwayatkan bahwa) ia berkata: Bersabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam: Jika seseorang di antara kamu berpuasa, maka janganlah berkata kotor pada hari itu, dan janganlah berbuat gaduh. Jika dimarahi oleh seseorang atau dimusuhinya, hendaklah ia berkata: ‘saya sedang berpuasa’.” [Hadits riwayat Bukhari dan Muslim].

2. Berkumur atau istinsyaq secara berlebihan. Dasarnya adalah hadits Nabi shallallahu alaihi wasallam
Artinya: “Dari Laqith bin Saburah radhiyallahu anhu (diriwayatkan bahwa) ia berkata: Saya berkata: Hai Rasulullah terangkanlah kepadaku tentang wudlu. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: Ratakanlah air wudlu dan sela-selailah jari-jarimu, dan keraskanlah dalam menghirup air dalam hidung, kecuali jika engkau sedang berpuasa.” [Hadits riwayat Al Khamsah].
3. Mencium isteri di siang hari, jika tidak mampu menahan syahwat. Dasarnya adalah hadits Nabi Muhammad
Artinya: “Dari Aisyah radhiyallahu anha (diriwayatkan bahwa) ia berkata: Pernah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mencium dan merangkul saya dalam keadaan berpuasa. Tetapi beliau adalah orang yang paling mampu menahan nafsunya.” [Hadits riwayat Al Jama‘ah dan An Nasa’i].

Selengkapnya di Tuntunan Ibadah Ramadhan

Fakta, kita hidup di negara rawan bencana. Dan hari ini kita saksikan berbagai bencana telah melanda. Hanya ada dua pilihan: menyerah pada kenyataan atau maju mengambil peran dalam kesiagaan. Dukung dan bergabung bersama kami dalam gerakan ‪‎INDONESIA SIAGA‬ ! Salurkan Donasi Kemanusiaan Anda melalui Lazis Muhammadiyah BCA No. 8780 171 171 MANDIRI No. 123 00 99 00 8999 BNI SYARIAH No. 00 915 39 444 BRI SYARIAH No. 2020 191 222

Like Facebook Laskar Informasi | Follow Twitter Laskar Informasi