Laskar Informasi

Pencarian Daftar Isi

Keseharian Mujahidin

14 May 2014

Hidup di tengah-tengah mujahidin sungguh indah dan nikmat. Hampir seluruhnya berpotensi melahirkan pahala. Mulai dari bangun tidur, kami saling membangunkan satu sama lain ketika malam memasuki sepertiga terakhir untuk qiyamul lail. Yakni dengan mengumandangkan adzan kemudian memberikan salam kepada rekan yang masih tidur dan memberi tahu bahwa waktu untuk mendirikan shalat malam telah tiba serta menyampaikan beberapa hadist tentang keutamaan shalat malam. Lalu disuruh untuk mengucapkan doa bangun tidur serta kalimat tayyibah:

لا إله إلا الله وحده لا شريك له، له الملك و له الحد وهو على كل شيء قدير.


Jika waktu shalat shubuh telah tiba, maka dikumandangkan lagi adzan. Dan jika masih ada rekan yang masih tidur, maka dibangunkan kembali serta disampaikan hadist tentang keutamaan shalat sunnah sebelum shubuh. Jika ada rekan yang junub, maka air hangat untuk dipakai mandi sudah disediakan oleh rekan mujahid yang bertugas ribath di malam hari. Sambil menunggu rekan yang wudhu, rekan mujahid lain ada yang berdoa, berdzikir, membaca Al Qur'an, dan menyiapkan tempat shalat. Lalu didirikanlah shalat shubuh. Jika ada yang belum sempat melakukan shalat sunnah shubuh, maka disuruh melakukannya setelah shalat shubuh.

Setelah selesai mendirikan shalat shubuh dan berdzikir, mujahidin biasa mengadakan majelis ilmu diantaranya adalah kajian tafsir Al Quran yang bersumber dari kitab karangan Syaikh Abdurrahman bin Nashir as Sa'di. Mujahid yang mengajarkan kitab tersebut berasal dari negeri Maghrib yang sebelum datang berjihad ke Suriah, beliau adalah seorang dosen. Kajian dibawakan dengan sangat ilmiah, mengalir, dan interaktif.

Selesai majelis ilmu, sebagian mujahid berdiskusi lanjut tentang materi kajian, ada yang tidur (yakni mujahid yang telah ribath di malam hari), ada yang melanjutkan ribath, ada yang berolahraga, ada yang menyiapkan sarapan pagi, dan ada yang membaca Al Quran.

Tim Alfa - Halab, Suriah
-------------------------------------
Salurkan donasi medis dan kemanusiaan Anda ke rekening :
- MANDIRI : 900 0019 330 720 a.n IKRIMAH (KCP. Katamso, Yogyakarta)
- BCA : 1691 967 749 a.n IKRIMAH (KCU. Ahmad Dahlan, Yogyakarta)
- BRI : 0029 0110 999 7500 a.n IKRIMAH (KCU. Cik Ditiro, Yogyakarta)
- BNI : 0317 563 523 a.n IKRIMAH (KCP. Parang Tritis, Yogyakarta)

Fakta, kita hidup di negara rawan bencana. Dan hari ini kita saksikan berbagai bencana telah melanda. Hanya ada dua pilihan: menyerah pada kenyataan atau maju mengambil peran dalam kesiagaan. Dukung dan bergabung bersama kami dalam gerakan ‪‎INDONESIA SIAGA‬ ! Salurkan Donasi Kemanusiaan Anda melalui Lazis Muhammadiyah BCA No. 8780 171 171 MANDIRI No. 123 00 99 00 8999 BNI SYARIAH No. 00 915 39 444 BRI SYARIAH No. 2020 191 222

Like Facebook Laskar Informasi | Follow Twitter Laskar Informasi