Laskar Informasi

Pencarian Daftar Isi

Menjadi Pedagang Sukses di Akhir Zaman

13 May 2014

Sebagai muslim tentu kita menginginkan menjadi seorang pedagang yang sukses, terutama diakhir zaman yang penuh dengan fitnah ini. Untuk itu kita perlu mengetahui modal apakah yang diperlukan dan perdagangan apakah yang paling menguntungkan serta siapakah pembeli yang paling memberikan keuntungan.

Ketika di perang Uhud datang seorang laki-laki kepada Rasulullah untuk memeluk Islam. Setelah laki-laki tersebut mengucapkan syahadat kemudian dengan segera ia terjun ke medan perang dan terbunuh.

Maka setelah peperangan sahabat bertanya kepada Rasulullah mengenai laki-laki yang terbunuh tersebut sedangkan belum pernah shalat walaupun 1 rakaat setelah memeluk Islam. Maka Rasulullah bersabda bahwa laki-laki tersebut dengan modal sedikit mendapatkan keuntungan yang besar yaitu kesyahidan.


Subhanallah.

Siapakah yang tidak menginginkan menjadi pedagang yang sukses dengan modal yang sedikit.

Begitu pula umat Islam di Suriah, mereka berbondong-bondong datang dari seluruh penjuru negeri untuk berdagang. Bukan memperdagangkan atau menawarkan golongan mereka namun berdagang dengan harta dan jiwa mereka kepada Allah azza wa jalla.

Oleh karena itu umat muslim Indonesia harus mengambil pelajaran dari kisah tersebut apakah perdagangan yg sedang mereka usahakan sekarang ini. Jika umat islam Indonesia sibuk berdagang untuk menawarkan golongan atau jamaah tertentu yg ia ikuti kepada muslim lainnya agar sebutlah menjadi keluaran/lulusan jamaah pengajian tertentu sehingga satu sama lain berakhir saling menjatuhkan dan mencemooh, tentulah bukan perdagangan yang paling menguntungkan.

Jika kita bertanya kepada laki-laki yang terbunuh dalam kisah tersebut dari keluaran/lulusan manakah ia. Maka tentu saja ia tidak tahu dari keluaran jamaah pengajian mana kecuali jamaah kaum muslimin. Bahkan ia sebelumnya merupakan keluaran jamaah kafirun yang kemudian memeluk Islam dan kemudian berdagang dijalan Allah.

"Sesungguhnya Allah membeli dari orang-orang beriman diri dan harta mereka dengan memberikan mereka surga. Mereka berperang dijalan Allah. Lalu mereka membunuh atau terbunuh. Janji yang benar untuk mereka yang tertulis didalam Taurat dan Injil dan Qur'an. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah. Maka berbahagialah dengan jual beli yang telah kalian lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar" (Al Qur'an surah At Taubah : 111).

Sumber : Misi Medis Suriah

Fakta, kita hidup di negara rawan bencana. Dan hari ini kita saksikan berbagai bencana telah melanda. Hanya ada dua pilihan: menyerah pada kenyataan atau maju mengambil peran dalam kesiagaan. Dukung dan bergabung bersama kami dalam gerakan ‪‎INDONESIA SIAGA‬ ! Salurkan Donasi Kemanusiaan Anda melalui Lazis Muhammadiyah BCA No. 8780 171 171 MANDIRI No. 123 00 99 00 8999 BNI SYARIAH No. 00 915 39 444 BRI SYARIAH No. 2020 191 222

Like Facebook Laskar Informasi | Follow Twitter Laskar Informasi