Laskar Informasi

Pencarian Daftar Isi

Video Cara Astronot Cuci Tangan di Luar Angkasa

04 Feb 2014


Astronot merupakan salah satu profesi impian banyak anak di seluruh dunia. Terbang ke luar angkasa mendekati bintang-bintang dan mengunjungi planet-planet dengan pesawat luar angkasa... yang keren, menjadi impian yang sangat menyenangkan. Anak-anak pun cukup kritis dan memiliki keingintahuan tentang hal-hal yang dilakukan para astronot saat berada di luar angkasa karena tanpa gravitasi, semua benda akan melayang-layang.

Dalam sebuah video tanya jawab kepada Komandan Chris Hadfield dari International Space Station ada seorang anak yang mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan kesehatan, yakni bagaimana cara para astronot mencuci tangan saat berada di luar angkasa. Hal tersebut sebenarnya cukup remeh namun menjadi menarik dan membuat penasaran, mungkin tak hanya anak itu tapi juga bagi banyak orang yang ingin tahu bagaimana para astronot mencuci tangan mereka di saat tidak ada gaya gravitasi di dalam pesawat.

Komandan Hadfield pun menunjukkan sebuah kantung plastik yang berlabel No Rinse Body Bath yang biasa digunakan untuk mencuci dan membersihkan bagian badan saat berada di dalam pesawat luar angkasa ISS. Kantung tersebut ternyata berisi air berbeda suhu dengan perbandingan air dingin 2 ons dan air panas 6 ons. Campuran air tersebut menghasilkan solusi air yang sedikit bersabun di dalam kantung yang kemudian bisa dipencet keluar membentuk bola air untuk membersihkan tangan.

Dalam video ini nampak bahwa air yang keluar tidak tumpah, malahan membentuk seperti gel yang mengumpul sehingga mudah ditangkap dan dibawa ke tangan untuk membersihkan. Percikan-percikan air yang keluar juga membentuk butiran yang melayang-layang di sekeliling ruangan. Nampaknya, para astronot tidak boleh sembarangan menggunakan kantung cuci tangan tersebut karena bisa saja percikan air yang melayang-layang tersebut akan menempel di peralatan dan bisa mengganggu kinerja alat-alat tersebut.

Mengapa hanya diperlukan sedikit sabun di sana, karena di luar angkasa air menjadi hal yang cukup berharga dan terbatas sehingga Anda tak harus membersihkan tangan dengan lebih banyak air untuk membersihkan sabun. Untuk itu setelah menggunakan cairan bersabun tersebut, Anda cukup mengelap tangan dengan handuk yang sudah disediakan.


Sumber : Forum Astronom Amatir Indonesia

Fakta, kita hidup di negara rawan bencana. Dan hari ini kita saksikan berbagai bencana telah melanda. Hanya ada dua pilihan: menyerah pada kenyataan atau maju mengambil peran dalam kesiagaan. Dukung dan bergabung bersama kami dalam gerakan ‪‎INDONESIA SIAGA‬ ! Salurkan Donasi Kemanusiaan Anda melalui Lazis Muhammadiyah BCA No. 8780 171 171 MANDIRI No. 123 00 99 00 8999 BNI SYARIAH No. 00 915 39 444 BRI SYARIAH No. 2020 191 222

Like Facebook Laskar Informasi | Follow Twitter Laskar Informasi