Laskar Informasi

Pencarian Daftar Isi

Renungan Kemeriahan Tahun Baru

31 Dec 2013


Sobat, saat ini, umat manusia di berbagai belahan bumi sedang disibukkan dengan berbagai persiapan pesta tahun baru. Mereka merencanakan berbagai kegiatan dan lainnya guna mendapatkan momentum 00.00, lalu pada saat itu, kembang api dinyalakan, terompet ditiup, dan berbagai pesta pora dimulai. Seakan momentum 00.00 adalah hal istimewa yang mendatangkan hal besar bagi mereka.

Sobat, menurut hemat Anda, benarkah 00.00 begitu istimewa dan berharga bagi ummat manusia? Menurut hemat Anda, pernahkah momentum ini dilalui oleh Fir'aun, Abu Jahal, Karun, dan berbagai kaum yang telah Allah binasakan?


Saya yakin, Anda sepakat bahwa mereka semua pernah mengalami momentum yang Anda nanti nantikan ini. Walau demikian ternyata momentum ini tidak dapat menyelamatkan mereka dari murka dan siksa Allah, atau paling kurang menyelamatkan mereka dari tangan malaikat pencabut nyawa.

Bila demikian halnya, lalu apa yang Anda harapkan dari menanti nantikan momentum ini? Bila Anda pikirkan, sejatinya tiada bedanya antara 00.00 dengan 11.11 atau 01.23 atau 12.34 atau lainnya. Semua itu hanyalah sebatas masa, sedangkan nilainya terletak pada karya atau amalan anda. Perubahan satu waktu ke waktu lainnya hanyalah bagian dari adanya perputaran Matahari semata. Allah berfirman:

وَمِنْ آيَاتِهِ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ لَا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَهُنَّ إِن كُنتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

Dan diantara tanda tanda kekuasaan Alah ialah pergantian malam dan siang, matahari dan rembulan. Janganlah kalian bersujud kepada matahari, tidak pula kepada rembulan. Dan sujudlah hanya kepada Allah yang telah menciptakan mereka semua, jika kalianb enar benar beribadah kepada Allah. (Al Qur'an surah Fusshilat : 37)

Bila Anda menantikannya karena hendak melakukan kebaikan, maka segera lakukan saat ini juga. Karena Barang kali saat ini malaikat pencabut nyawa telah hadir menantikan Anda. Sebaliknya, bila Anda berencana untuk melakukan dosa atau maksiat pada waktu tersebut, maka pikirkan kembali rencana Anda, karena tiada yang dapat menjamin bahwa Anda masih berkesempatan hidup pada 00.01

Sumber : Ustadz Muhammad Arifin Badri