Laskar Informasi

Pencarian Daftar Isi

Lalat Jadi-jadian Ala Syi'ah

31 Dec 2013


Apa yang terlintas di benak Anda tentang lalat? Serangga yang hobinya mangkal di tumpukan sampah? Muslim yang normal, bahkan semua manusia tanpa pandang agamanya akan membenarkan hal itu. Tapi, mungkin tidak demikian bagi syi'ah. Di mata syi'ah, lalat adalah jelmaan manusia yang tidak membayar khumus.
Tidak percaya?

Berkata Ali Khamenei dalam akun facebooknya,



ماهو أصل الذبابة ؟ هو كان رجلاً طيباً مسلماً لم يدفع للمهدي الخُمس فحوله الله الى ذبابة عقوبة له - فأعتبروا وأدفعوا للمهدي عجل الله فرجه


Artinya : Apa asalnya lalat? Asalnya lalat adalah seorang lelaki Muslim yang baik tetapi tidak membayar khumus untuk Al Mahdi maka Allah mengubahnya menjadi lalat sebagai hukuman untuknya- maka i'tibarkanlah dan bayarlah oleh kalian (khumus) untuk Al Mahdi yang semoga Allah segerakan kemunculannya.

Apa itu khumus? Khumus adalah pungutan yang wajib dibayarkan oleh penganut syi'ah kepada imam mereka. Besarnya khumus 20% dari seluruh harta benda yang dimiliki, termasuk mobil dan rumah. Dan khumus ini tetap wajib dibayarkan walau berasal dari harta haram (misalnya hasil curian, korupsi) hingga 2x pertahun.