Laskar Informasi

Pencarian Daftar Isi

Gelap di Tengah Teriknya Mentari

29 Nov 2013


Setiap kali mentari terbit, dunia yang sebelumnya diselimuti gelapnya malam, sekejap menjadi terang benerang. Namun demikian, percayakah Anda bahwa bisa jadi sinar mentari yang begitu terang benderang, namun Anda menderita karena merasa gelap gulita, padahal mata Anda sehat dan tidak menderita buta.


Banyak alasan dan faktor yang menjadikan Anda merasa gelap, bisa jadi mata Anda tertutup oleh topeng, atau Anda berada di ruang yang kedap cahaya, atau bisa pula Anda memejamkan mata.

Fenomena ini adalah ilustrasi sederhana bahwa dalam urusan kebenaran dan agama juga demikian. Betapa banyak orang yang mata hatinya tertutup oleh syahwat dan ambisi dan lainnya. Atau betapa banyak orang yang mata hatinya tertutupi oleh debu kesesatan sehingga yang benar nampak salah dan yang salah nampak benar. 

Demikian pula betapa banyak orang yang dengan sengaja menutup pintu hatinya sehingga dengan sadar menolak kebenaran yang sampai kepadanya.

أَفَلَمْ يَسِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَتَكُونَ لَهُمْ قُلُوبٌ يَعْقِلُونَ بِهَا أَوْ آذَانٌ يَسْمَعُونَ بِهَا فَإِنَّهَا لَا تَعْمَى الْأَبْصَارُ وَلَٰكِن تَعْمَى الْقُلُوبُ الَّتِي فِي الصُّدُورِ

Tidakkah mereka berjalan di muka bumi agar mereka memiliki hati (akal pikiran) yang dengannya mereka berfikir, atau pendengaran yang dengannya ia mendengarkan. Sejatinya tidaklah mata kepala mereka yang buta, namun hati/ akal pikiran yang ada di dalam dada merekalah yang telah buta. (Al Qur'an surah Al Haj : 46).

Sobat! Waspadalah, jangan sampai syahwat dan kepuasan pribadi Anda membutakan akan pikiran Anda. Demikian pula jangan sampai berbagai hal di sekitar Anda mengaburkan pandangan mata dan hati Anda. Mohonlah petunjuk kepada Allah selalu agar dapat istiqamah di jalan-Nya.

Sumber : Ustadz Muhammad Arifin Badri